Tuesday 18 March 2014

Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu MALANG




Pantai Sendang Biru adalah satu lagi pantai yang terletak di Kabupaten Malang. Tepatnya di 30 Km bagian selatan Malang, Sendang biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendang Biru menjadi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di samping itu, bagi mereka yang ingin menyebrang ke pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Meskipun menghadap Samudera Indonesia yang terkenal akan keganasan ombaknya, pantai ini tergolong aman untuk berenang karena hampir-hampir tidak ada ombak. Ini semua berkat Pulau Sempu yang menghalangi ombak sekaligus menjadi destinasi wisata di Pantai Sendang Biru.


Di pantai Sendang Biru ini ini juga dikenal sebagai tempat pendarat dan pelelang ikan di Malang. Dinamakan pantai Sendang Biru karena di pantai ini terdapat sumber mata air yang biasa disebut sebagai sendang, dan berwarna biru.


Sendang Biru. Pulau dengan luas sekitar 877 hektar ini memang cukup indah dan merupakan kawasan cagar alam. Memang perjalanan untuk menuju dan selama Pulau Sempu sedikit berat, tapi semua itu akan terbayar impas dengan keindahan alam yang akan kita dapatkan di pulau tak berpenghuni ini. Untuk mencapai pantai ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.
Saat ini, secara resmi pantai Sendang Biru dikelola oleh perusahaan negara milik Forestay. Untuk itu, terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang pariwisata di Sendang Biru seperti, penginapan, guess house, rumah jaga dan persewaan perahu.


Pulau Sempu memiliki telaga yang sangat terkenal, yaitu Telaga Anakan. Padahal pada kenyataannya ada juga Telaga Sat dan Telaga Lele yang tidak kalah indah. Kita dapat memancing, berenang, berjemur, serta menyelam di sekitar Pulau Sempu. Keindahan Pulau Sempu sudah terkenal di kalangan wisawawan mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang datang di Pulau Sempu. Dan tentunya kita tidak mau kalah dengan mereka dong.

No comments:

Post a Comment