Friday 14 March 2014

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar merupakan pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa Timur), tepatnya di kecamatan Donorojo. Belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Biasanya pantai ini akan ramai pada saat musim libur lebaran tiba.
Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas, tekstur pasarnya juga sangat lembut. Lintasan geologi di sekitar Pantai Klayar memberikan pemahaman terhadap morfologi pantai yang dipengaruhi oleh struktur geologi dan gejala pengangkatan aktif pantai selatan. Pengangkatan ditunjukan oleh tersingkapnya endapan batu-gisik (beach-rock), yang sebagian permukaanya ditutupi oleh rumput laut.


Di sisi barat, kita dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan ke arah laut lepas atau pemandangan di sekitar pantai Klayar. Di sisi timur kita dapat naik ke batu karang. Di tempat ini terdapat semacam air mancur yang berasal dari lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan.

Efek blow pipe di pantai ini menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking. Semburan mirip geyser ini terjadi secara periodik.



Fenomena itu disebabkan oleh tertekannya air laut dan udara yang terjebak di dalam saluran di sepanjang retakan batuan oleh gelombang. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan membentuk aneka ragam bangun yang disebut tafon.


Pantai Klayar bisa menjadi alternatif bagi anda yang suka dengan fotografi karna panorama pemandangan yang sangat indah. 


Di samping itu juga ada air mancur alam .Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut ini, oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.


Pantai Klayar ini masih belum begitu ramai wisatawan jadi bagi anda yang ingin mengunjunginya paling tidak harus menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil pribadi. Yang ingin berkunjung tapi bingung dengan akomodasinya harus nyiapin ini dan itu….
eeiitsssss…..tak perlu bingung..kami Alamsyah Tour n Travel akan mengantarkan liburan anda sampai lokasi wisata Pantai Klayar.....

No comments:

Post a Comment