Tuesday 31 December 2013

Kesenian Tari Damarwulan Banyuwangi

KESENIAN TARI DAMARWULAN


Nama Damarwulan diambil dari nama tokoh yang diperankan dalam kesenian ini yaitu Damarwulan atau Minakjinggo. Kesenian ini biasanya dimainkan oleh 40-50 pemain.


Damarwulan merupakan satu konsep kesenian drama tari tradisional dari Banyuwangi, dimana semua tokoh yang terkait dituntut untuk bisa menari dan berperan, dan kesenian ini merupakan akulturasi 2 kebudayaan yaitu antara kebudayaan Banyuwangi dan Bali.


Tari Damarwulan atau dikenal juga dengan Teater Janger atau Jinggoan, adalah pertunjukan rakyat, sejenis dengan Ketoprak atau Ludruk.



Cerita dalam Damarwulan berkisar tentang hubungan antara Minakjingo dengan Damarwulan pada masa Majapahit dan Blambangan. Dialognya berbentuk tembang atau nyanyian. Pengaturan cerita biasanya dilakukan oleh seorang dalang yang fungsi dan kedudukannya mirip dengan dalang dalam pementasan kesenian wayang orang, dengan memberikan gambaran apa yang akan terjadi sebelum adegan dimulai. Pertunjukan biasanya diadakan mulai jam 21.00 dan berakhir pada 04.00 dini hari.

No comments:

Post a Comment