Thursday 31 October 2013

Bagian AC Mobil

CP : 085228292774 (AJIN)


Mobil-mobil modern sudah mulai dilengkapi AC yang handal. AC adalah perangkat yang sudah umum untuk ada dalam sebuah mobil. Padahal beberapa tahun sebelumnya, mobil-mobil kecil sekitar 1000cc agak kurang handal dipasangi AC, tapi ternyata perubahan teknologi mampu membuat AC bisa handal dipakai di mobil kecil.
Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) sekarang banyak digunakan pada mobil-mobil penumpang yang membutuhkan kenyamanan. Di samping dapat mendinginkan ruangan, AC juga membawa akibat positif lainnya, yaitu terhadap faktor aerodinamika (aliran udara) pada permukaan badan mobil. Ini disebabkan karena jendela dan pintu harus ditutup pada waktu AC dihidupkan.
AC pertama kali digunakan tahun 1940 –an. AC senantiasa mengalami perkembangan teknologi. Walaupun konsep dasarnya sama, tapi perkembangan teknologi turut pula mewarnai perkembangan AC.

Komponen – komponen dasar AC mobil :
  1. Kompresor
Setiap AC memiliki kompresor. Kompresor ini fungsinya untuk mengompres gas pendingin). Setelah gas terkompresi, gas tersebut menjadi panas, dan dialirkan melalui beberapa koil ke kondensor. Kompresor bertugas untuk menaikkan tekanan uap refrijeran agar mudah berkondensasi di dalam kondensor. Di samping itu kompresor juga berguna untuk menjaga tekanan di evaporator agar tetap rendah. Kompresor ini digerakkan oleh tenaga motor melalui sabuk dan kopling magnet.
  1. Kondensor
Kondensor adalah tempat dimana panas dipisahkan dari gas sehingga udara panas keluar dari kondensor. Adapun sisa gas lainya didinginkan/dikondensasikan menjadi cairan dingin. Kondensor berguna untuk mendinginkan uap refrijeran sehingga berkondensasi (mengembun). Biasanya kondensor dipasang di depan radiator agar mendapat pendinginan dari kipas radiator
  1. Evaporator
Evaporator merupakan bagian AC di mana refrijeran menguap dan mengambil panas dari udara yang mengalir. Komponen ini merupakan komponen akhir yang dilalui AC sebelum angin dingin anda rasakan di mobil. Setelah cairan melewati klep ekspansi, kipas akan mendorong angin dingin dari evaporator keseluruh mobil.
  1. Receiver Drier/Akumulator. 
Receiver drier atau Akumulator berfungsi untuk menyimpan refrijeran cair hingga saatnya diperlukan. Di dalam receiver drier terdapat saringan untuk menyaring kotoran dan bahan pengering untuk menyerap uap air yang biasanya masuk. Mobil juga punya receiver drier atau akumulator yang gunanya memastikan bahwa hanya cairan pendingin yang bisa masuk ke klep ekspansi.
  1. Katup ekspansi
Mobil juga punya katup ekspansi atau sering disebut pipa orifice. Ini akan mengatur aliran cairan ke evaporator dan inilah yang dikendalikan ketika anda mengatur setting temperatur di dasbor. Katup ekspansi berfungsi sebagai alat pengatur dari refrijeran di dalam sistem dan memisahkan bagian bertekanan tinggi dengan bagian bertekanan rendah. Katup ekspansi terletak pada sisi masuk evaporator. 


No comments:

Post a Comment