Monday 11 November 2013

Garuda Wisnu Kencana ( GWK )



CP : 085228292774 (AJIN)
 


Garuda Wisnu Kencana atau yang sering kita sebut dengan GWK merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Bali yang artinya "burung Garuda Kendaraan Dewa Wisnu", terletak diatas dataran tinggi batu kapur dan posisinya yang menghadap ke kawasan pesisir selatan pulau ini. di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung. Lokasinya yang berada  di dataran tinggi membuat  jarak pandang yang cukup luas, kita akan bisa menyaksikan pesisir Kuta juga tak ketinggalan bandara Ngurah Rai, GWK  ini berjarak 25 km dari Denpasar sedangkan dari Bandara sekitar 15 km. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah Perwujudan seni dan budaya Pulau Dewata yang  memiliki  latar  belakang  natural yakni patung  berukuran  raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi  Garuda setinggi 12 meter, alami serta panorama indah, sangat menajubkan. Tempat ini rencanya akan menjadi landmarknya pulau Dewata, seperti keberadaan Monas di Jakarta.

Patung Kepala Garuda
Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 263 meter di atas permukaan laut. GWK ini merupakan  mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan nantinya diprediksi akan mengalahkan patung liberty 
.
Dewa Wisnu

Patung tangan Dewa Wisnu
Dengan luas 250 hektar dapat mencakup semua kegiatan budaya Bali. Pengunjung GWK akan menyaksikan kemegahan monumental serta kekhusukan spiritual yang mana kesemuanya disempurnakan, dipadu padankan dalam sentuhan modern, beragam bentuk fasilitas, pelayanan tepat sasaran dan tepat guna  menjadi daya tarik bagi setiap pengunjungnya. Amphitheatre berkapasitas 800 tempat duduk disertai tatanan acoustic kelas satu, landskap di seting menjadi tempat tak tertandingi untuk pagelaran seni budaya, serta gaya penyuguhanatau bias dikatakan penyambutan  spektakuler. 

Lotus Pond
Acara Landsat Award 2008
Di kawasan ini terdapat Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu yang merupakan Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Untuk saat ini  Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong dengan ukuran besar,  pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi untuk luas ruang terbuka yang sering disebut Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis dan sangat menarik perhatian. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.
Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Amphitheatre GWK
Giant Statue
GWK diharapkan kedepannya menjadi simbol untuk kebudayaan berbasis keseimbangan alam yaitu menjaga keselaranan hubungan antara lingkungan, sesama dan juga Tuhan . Dalam konsep Tri Murthi di mana Dewa Wisnu, bertugas untuk memelihara alam semesta dan Garuda sebagai kendaraan Dewa Wisnu merupakan simbol dari pengabdian yang tanpa pamrih. jadi diharapkan GWK merupakan simbol dari penyelamatan lingkungan. GWK dibangun pada tahun 1997. Proyek ini sempat stop karena banyak masalah diantaranya pendanaan. dimana masih kurang sekitar 600 miliar untuk menyelesaikan GWK ini, tampak baru selesai adalah Setengah badan Dewa Wisnu, burung Garuda, dan tangan Dewa Wisnu. 
Garuda Wisnu Kencana

No comments:

Post a Comment