Saturday 23 November 2013

PANTAI SANUR

SEWA DAN RENTAL MOBIL BANYUWANGI  
ALAMSYAH HOMESTAY
CP : 085228292774 (AJIN)
 
Sunrise Pantai Sanur

 


Pantai Sanur Bali
Pantai yang terkenal dengan sebutan pantai MATAHARI TERBIT atau SUNRISE BEACH, karena letaknya yang berada di sebelah timur pulau BALI. Pantai ini letaknya persis di sebelah timur kota DENPASAR, ibukota BALI. Sanur berada di Kotamadya Denpasar. Di kala pagi menyambut, sambari menunggu matahari terbit kita dapat melihat pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali hingga waktunya tiba kita disuguhkan dengan keindahan suasana pantai pada waktu matahari terbit. Ombak di pantai sanur tidak bisa digunakan untuk berselancar karena ombaknya tenang. Nah, tak jauh dari lokasi pantai sanur juga terdapat tempat wisata menarik lainnya berupa tempat menyelam dan snorkeling. Pantai Sanur ini tidak berombak besar sehingga anda aman bila ingin menyelam atau menikmati pemandangan. 

Pantai Sanur Bali
            Pantai Sanur terkenal bahkan sejak jaman dahulu. Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang mempesona, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur.

Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur terkenal sebagai lokasi pendaratan para tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal sebagai Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikut-pengikutnya.  

            Pantai Sanur mulai dikenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang sangat indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang terkenal dan merupakan salah satu model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh umum. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.




            Disisi lain daya tarik pantai Sanur karena di bagian sebelah utara pantainya berbentuk melingkar seperti setengah lingkaran dan pada bagian selatan pantainya yang berbelok dari timur ke barat, di mana gelombang air lautnya tidak begitu besar sehingga bilamana air lautnya sedang surut maka akan terlihat batu-batu karang yang membentang berwarna-warni. Pada pagi hari akan tampak kesibukan para nelayan yang terlihat mendorong perahunya (jukung) ke tengah laut. Setiap harinya pantai ini mulai ramai dikunjungi untuk berenang ataupun sekedar bersantai.
 
perahu nelayan waktu pagi
 
Pada tahun 2004, pantai ini telah dirubah bentuk penampilannya dengan dipasangnya krib-krib (penahan ombak) yang di bagian ujungnya dibangun bale bengong, sehingga setiap pengunjung akan dapat menikmati keindahan laut dengan nyaman sambil duduk bersantai di bale tersebut. Jarak setiap krib dengan yang lainnya sekitar 15 meter, sehingga membentuk sebuah muara yang sangat aman digunakan untuk berenang karena dangkal dan tidak berombak.




                  Jangan sampai terlewatkan untuk menikmati keindahan dibawah pantai Sanur dengan berjalan sambil menyentuh ikan-ikan secara langsung.

seawalker Sanur
            Kawasan Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di Bali, ditandai dengan hadirnya hotel-hotel berbintang serta berbagai macam restoran. Oleh sebab itu, wisatawan tak perlu khawatir jika membutuhkan penginapan atau warung makan di sekitar pantai ini. Selain itu, kawasan wisata Pantai Sanur juga menyediakan kios-kios suvenir yang menjual berbagai barang kesenian serta oleh-oleh khas pantai. Di salah satu sisi trotoar dipenuhi dengan pedagang-pedagang cenderamata dan juga terdapat beberapa tempat makan minum atau cafĂ© yang saling berjajar. Sebagai kawasan wisata pantai yang sudah sangat terkenal, banyak ditemui fasilitas akomodasi hotel bertaraf internasional seperti Hotel Grand Bali Beach, Hotel Hyatt, Hotel Sanur Beach, Hotel Sindhu Beach dan lain sebagainya yang terdapat di sepanjang timur dan tenggara dari pantai Sanur.


No comments:

Post a Comment