Thursday 7 November 2013

Gunung Bromo

SEWA DAN RENTAL MOBIL BANYUWANGI
RENTAL DAN SEWA MOTOR BANYUWANGI
CP : 085228292774 (AJIN)


            Gunung Bromo berasal dari bahasa sanskerta Brahma yang merupakan seorang dewa utama Hindu. Letak dan lokasi Geografis Gunung Bromo tepatnya di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kelilingi oleh 4 wilayah pemerintahan Kabupaten karena Gunung Bromo memang terletak di perbatasan Kabupaten tersebut, yaitu Kapupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Hal yang menarik dari Gunung Bromo ini adalah status gunung bromo yang merupakan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Saat  kita mengunjungi objek wisata gunung bromo kita akan merasakan suasana yang dingin karena memang suhu disini mencapai 10-0oC.

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.




           Keindahan alam yang disuguhkan yaitu pemandangan matahri terbit yang sangat indah dan juga padang pasir yang luas. Setelah menikmati keindahan matahari terbit, kita dapat kembali menuruni Gunung Pananjakan dan menuju Gunung Bromo. Sinar matahari dapat membuat Anda melihat pemandangan sekitar. Dapat kita lihat lautan pasir yang luasnya mencapai 10 km². Dengan daerah yang gersang yang dipenuhi pasir dan hanya ditumbuhi sedikit rumput-rumputan yang mengering. Tiupan angin, membuat pasir berterbangan dan dapat menyulitkan saat kita bernafas.

Untuk mencapai kaki Gunung Bromo, kita tidak dapat menggunakan kendaraan. Dan untuk mempermudah perjalanan kita  harus menyewa kuda dengan harga Rp 70.000,- atau jika merasa kuat, dapat memilih berjalan kaki. Akan tetapi jalan kaki disini perlu diperhitungkan dan diperhatikan bahwa berjalan kaki bukanlah hal yang mudah, karena sinar matahari yang terik, jarak yang jauh, debu yang berterbangan dapat membuat perjalanan semakin berat.


Kita  harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Gunung Bromo. Sesampainya di puncak Bromo yang tingginya 2.392 m dari permukaan laut, kita dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Kita juga dapat melihat  pandangan menuju kebawah, dan terlihatlah lautan pasir dengan pura di tengah-tengahnya. Menajubkan bukan..

Ada beberapa rute yang dapat kita tempuh untuk mencapai Gunung Bromo :
Dari wilayah seluruh indonesia menuju Gunung Bromo bisa ditempuh dengan tiga cara. Melalui udara langsung beli tiket pesawat jurusan Surabaya. Hampir semua maskapai penerbangan nasional membuka jalur menuju Surabaya. 

Sampai di Bandara Juanda ada pilihan bus Damri yang mengantar kita ke terminal bus Bungurasih Surabaya. PIlih bus jurusan Jember atau Banyuwangi. Kemudian kita turun di Probolinggo.

Sampai Terminal Probolinggo, kita bisa naik angkutan desa ke jurusan Kecamatan Ngadisari, Mobil yang digunakan adalah jenis colt.

Melalui jalur kereta api, mulai dari kelas eksekutif sampai ekonomi. Kita bisa naik kereta api eksekutif Agro Angrek atau kereta api ekonomi non-AC Gaya Baru sampai Surabaya.

Dari Stasiun Kereta Api Gubeng, Surabaya, kita naik Kereta Api Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi yang berangkat pukul 09.00 WIB setiap harinya. beli tiket sampai Stasiun Probolinggo saja. Dari Stasiun Probolinggo bisa naik angkutan kota ke Terminal Bus Probolinggo untuk ganti angkutan desa ke Kecamatan Ngadisari, kota terakhir sebelum ke Gunung Bromo. 

Nah Cukup melelahkan kan jika anda harus naik turun gonta ganti kendaraan untuk menuju lokasi Gunung Bromo. Belum lagi harus mengangkut sana sini barang bawaan. Tenang...Kami punya Solusi....
Kami dari Alamsyah Tour and Travel menyediakan jasa Rental dan juga Sewa Mobil untuk akses kenyamanan perjalanan wisata anda dan tak perlu khawatir jika anda  takut nyasar karena tak tau jalan. Kami Alamsyah Tour and Travel juga menyediakan beserta Driver.



            Di kecamatan terakhir ini tepatnya kecamatan Ngadisari kita tak perlu khawatir akan penginapannya karna di lokasi ini banyak kita temui Hotel dan juga penginapan rumah-rumah penduduk.

Gunung Bromo pastilah kita ingin melihat juga keindahan saat matahari terbit yang lokasinya berada di Penanjakan. Untuk menuju kesana kita perlu menyewa mobil jip hardtop untuk mengantar menyeberangi lautan pasir.

Satu mobil cukup untuk tujuh orang. Jadi kita bias join dengan wisatawan lain untuk naik mobil ini jika jumlah orang yang bersama kita sedikit misalnya. Kita harus sudah memesan mobil jip ini pada malam hari. Pemilik hotel jam 03.00 WIB akan membangunkan Anda untuk berangkat melihat matahari terbit. Supir jip disini sangat mahir menyetir mobilnya di lautan pasir yang gelap.

Dapat dipastikan kita tidak lupa untuk membawa perlengkapan seperti jaket, syal, sarung tangan, dan topi penutup telinga. Karena selain dinginnya udara, juga angin kencang membuat kita kedinginan. Sangat beruntung apabila kita datang tidak dalam keadaan cuaca mendung sehingga leluasa melihat matahari terbit.

Sekitar pukul 04.45 WIB matahari akan terbit perlahan-lahan. Sekitar 30 menit kita akan takjub melihat keindahan matahari terbit sampai akhirnya matahari terang berendang dan puncak Gunung Bromo terlihat bersebelahan dengan Gunung Batok.

Jangan kaget banyak pengunjung yang bertepuk tangan saat matahari muncul perlahan-lahan tersebut karena keindahannya memiliki sensasi tersendiri. Kita akan merasa berada di atas awan melihat kabut di bawah. Puncak Gunung Semeru juga kelihatan dari kejauhan membelakangi Gunung Bromo.

Setelah melihat keindahan matahari terbit di Penanjakan, kita bias berjalan menuju ke kawah Gunung Bromo. Mobil jip sewaan akan mengantar Anda sampai pemberhentian terakhir di dekat pura di kaki Gunung Bromo.


Untuk naik ke puncak kawah Gunung Bromo kita bisa naik tangga sampai puncaknya. Tapi jika kita tidak mau capek naik tangga, kita bias sewa kuda. Kita akan naik kuda dengan dituntun pemilik kuda sehingga kita bisa aman di atas pelana kuda tanpa khawatir kudanya lari.


Kuda-kuda yang parkir menunggu pengunjung menyewa juga menambah keindahan pemandangan. Di sisi sebelah Gunung Bromo juga bisa dilihat Gunung Batok yang terlihat seperti bentuk kue berlapis raksasa karena bentuk gunungnya seperti berlapis-lapis.
 


No comments:

Post a Comment